Pertajam Naluri Tempur, Kopaska TNI AL Gelar Latihan Pertempuran Jarak Dekat Bersama US MSOT


MedanEkspress | Surabaya - Komando Pasukan Katak (Kopaska) yang terdiri dari Satkopaska Koarmada II dan Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska) mempermahir ketajaman dalam bertempur dengan melaksanakan latihan Pertempuran Jarak Dekat (PJD) atau Close Quarter Battle (CQB) bersama US MSOT (Marine Special Operation Team). Latihan ini dilaksanakan di bangunan tua bekas Universitas Kusuma Bangsa Jl. Rahman Hakim Surabaya, Jumat (5/8/2022).

Latihan pertempuran jarak dekat ini dilaksanakan dalam rangka Latma Joint Exercise Lantern Thunder Iron 2022 antara Kopaska TNI AL bersama US MSOT yang ditinjau langsung oleh Wadan Puskopaska Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki. M. M.

Di tempat terpisah Komandan Puskopaska (Danpuskopaska) Laksamana Pertama TNI Y. Bramantyo. N. S., mengatakan bahwa latihan CQB atau pertempuran jarak dekat ini dilaksanakan di dalam ruangan yang bersifat agresif, dadakan, surprise, dan selektif fire. Bertujuan untuk melatih gerakan taktis tim yang dapat digunakan diberbagai tempat yang memiliki ruang tertutup atau semi tertutup seperti di dalam gedung/bangunan maupun di dalam kapal.

Menurutnya pertempuran jarak dekat merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit Kopaska, karena dalam pelaksanaan sebenarnya kemampuan yang seperti ini sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pembebasan sandera.

“Latihan bersama atau Joint Exercise Lantern Thunder Iron 2022 antara Kopaska TNI AL bersama US MSOT bertujuan untuk saling berbagi ilmu taktik dalam CQB. Latihan ini sangat penting untuk terus di latih dan di Update mengingat perkembangan situasi lawan atau musuh yang juga terus berkembang baik dari segi kemampuan SDM maupun perkembangan teknologi”, jelas Bram sapaan akrabnya. 

Sumber: Dispen Koarmada II 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.