Dukung Program Kasad, Danramil 11/Tj Pura Jenguk Anak Stunting di Wilayah Binaan


MedanEkspress | Tj Pura - Guna mendukung Program Kasad dan program pemerintah dalam percepatan penurunan angka Stunting,Danramil 11/Tanjung Pura Kodim 0203/Langkat Kapten Arm Defrinal melaksanakan pemantauan dan menjenguk warga masyarakat yang balitanya terkait Stunting di Desa Pematang Serai, Kecamatan Tanjung Pura, Kab Langkat, Sumut, Senin 26 September 2022 pukul 10.15 Wib 

Dimana dalam kegiatan tersebut Danramil beserta anggota dan pihak Puskesmas Pembantu melihat kondisi balita Stunting anak- anak di Dusun 2 Desa Pematang Serai Kec.Tanjung Pura Kab.Langkat.

Hadir pada kegiatan tersebut Danramil 11/TP Kapten Arm Defrinal, Kepala Puskesmas Pantai Cermin Supriadi. S. Kep Ners,Ibu Novi dari Pihak Puskesmas,Bidan Desa,Babinsa Koramil 11/TP,Kades Pematang Serai Sugimin,Medis Puskesmas dan Orang tua anak.


Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk membantu dan mendukung program pemerintah dalam percepatan penurunan angka stunting, khususnya di wilayah Kecamatan Tanjung Pura dimana Danramil 11/Tanjung Pura Kapten Arm Defrinal beserta Babinsa yang didampingi oleh Kepala Desa meninjau langsung kegiatan Stunting yang dilaksanakan oleh pihak Puskesmas Pembantu di Desa Padang Cermin Kecamatan Tanjung Pura.

Danramil 11/Tanjung Pura Kapten Arm Defrinal mengatakan, dalam kegiatan tersebut dijelaskan sebagai upaya mempercepat penurunan kasus Stunting yang banyak dialami anak-anak sehingga Pihak Puskesmas yang didampingi oleh pihak Koramil turun langsung ke rumah masyarakat di desa dengan melakukan pendataan serta pengecekan secara langsung terhadap pertumbuhan Balita yang diantaranya meliputi pengecekan tinggi dan berat badan terhadap Balita dan asupan gizinya, dimana Stunting merupakan masalah gizi kronis, yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu yang lama. 

"Stunting terjadi karena asupan makanan kedalam tubuh tidak sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan dan itu terjadi dari mulai di dalam kandungan serta baru terlihat setelah usia 2 tahun,"jelas Danramil.

Selain pertumbuhan tubuh terhambat, lanjut Kapten Arm Defrinal stunting juga dapat mempengaruhi perkembangan otak, mempengaruhi produktivitas, daya serap dan kreativitas di usia produktif anak.

Masih kata Danramil bahwa kita melaksanakan kegiatan ini atas perintah Bapak Kasad yang diteruskan ke Bapak Pangdam I/BB agar mencegah dan menurunkan angka Stunting diwilayah teritorial masing-masing . 


"Kami dari Kodim 0203/Lkt berharap kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,disamping itu kami juga meminta peran serta dari masyarakat khususnya ibu -ibu yang mempunyai anak Balita untuk secara rutin memeriksakan anak -nya ke Posyandu maupun ke Puskesmas terdekat," terang Kapten Arm Defrinal.

Dalam kegiatan tersebut pihak Puskesmas dan Koramil memberikan bantuan berupa beberapa kotak Kue/roti kering kepada anak anak tersebut.

"Guna mendukung program pemerintah, Koramil 11/Tanjung Pura Kodim 0203/Lkt akan terus melakukan upaya penurunan stunting dengan melakukan pendampingan kepada pihak Puskesmas maupun berupa pendampingan sosialisasi melalui pendekatan yang menyeluruh kepada warga masyarakat dari dusun ke dusun sehingga timbul kesadaran untuk memeriksakan anaknya ke pelayanan kesehatan terdekat atau posyandu,” pungkas Kapten Arm Defrinal.

Sumber: Kodim 0203/Langkat
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label