Babinsa Koramil 05/BK Motivasi Kadus dan Perangkat Desa Sebagai Agen Pancasila


MedanEkspress | Batang Kuis - Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideologi bangsa Indonesia harus dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari diri sendiri maupun di lingkungan sekitar.

Karena Pancasila berasal dari akar budaya dan kearifan lokal berbagai suku di Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga keberadaannya sangat tepat untuk dijadikan pedoman dalam berbangsa dan bernegara, baik di masa kini maupun akan datang.

Hal ini disampaikan Babinsa Koramil 05/Batang Kuis, Kodim 0204/DS, Pelda Asep Sujana dalam komsos Kebangsaan bersama para Kepala Dusun (Kadus) dan Perangkat Desa di Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (24/10/2022).

Pelda Asep Sujana menjelaskan, dari sejak jaman Kemerdekaan hingga saat ini, Pancasila yang menjadi landasan berpikir dan bertindak bangsa Indonesia, terus diuji dengan berbagai upaya untuk menggantikannya dengan ideologi yang lain. 

Isu-isu intoleransi, radikalisme dan bahkan terorisme, terus didengungkan guna melunturkan semangat toleransi dan gotong royong yang menjadi warisan leluhur bangsa Indonesia.

"Itulah makanya, para Kadus dan perangkat desa harus tampil di depan menjadi agen Pancasila yang mampu menghempang berkembangnya isu-isu negatif itu di masyarakat, sehingga tidak sampai melemahkan persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika," jelas Pelda Asep Sujana.

Dalam komsos itu juga, Pelda Asep Sujana mengingatkan tentang bahaya Covid-19 yang masih mengancam, sehingga mendorong para Kadus dan Perangkat Desa untuk terus mengajak serta mengimbau warga untuk menerapkan Protokol Kesehatan secara disiplin serta mengikuti program vaksinasi.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label