Wujudkan Sishankamrata, Kodam I/BB Gelar Komsos Bersama Kommas Sumut


MedanEkspress | Medan - Untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI termasuk wilayah teritorial Kodam I/ Bukit Barisan, maka setiap warga negara harus mempunyai Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara, sehingga terbangun potensi pertahanan negara yang Sishankamrata (Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta).

Hal ini disampaikan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, melalui Asisten Teritorial (Aster) Kasdam I/BB, Kolonel Arh Dedik Ermanto, SIP, MT, saat tampil menjadi narasumber dalam Komsos Kodam I/BB dengan Kommas (Komponen Masyarakat) Sumut di Gedung AH Nasution Makodam I/BB, Selasa (18/10/2022).

Komsos yang dirangkai dengan penyampaian Pokok-Pokok Kebijakan Pimpinan TNI AD dalam Pembinaan Teritorial (Binter) ini, juga menghadirkan Pabandya Komsos Sterdam I/BB, staf dari Kesbangpol Provsu, Dinsos Provsu, serta Diskop dan UKM Provsu sebagai narasumber.


"Pembekalan Wasbang dan Bela Negara ini agar setiap warga negara memiliki kesatuan gerak, pola pikir maju dan berjiwa nasionalis tinggi guna menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara," jelas Aster Kasdam I/BB. 

Dengan Wasbang dan Bela Negara ini, lanjutnya, maka warga masyarakat akan memiliki sikap tegas, tidak mudah dipecahbelah dan berani membela negara dari isu-isu tidak bertanggungjawab.

"Melalui komsos ini, Kodam I/BB ingin menjadikan Kommas sebagai kader-kader perubahan di segala lini yang mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air," jelas Kolonel Dedik. 

Sedangkan Pokok-Pokok Kebijakan Pimpinan TNI AD (Kepala Staf Angkatan Darat) yang disampaikan Kolonel Dedik, yakni menata ulang paradigma Binter sesuai perkembangan terkini, adaptif, realitis dan implementatif sesuai kebutuhan di wilayah guna mewujudkan gerak juang yang tangguh. 

Kemudian melaksanakan Binter secara serentak, berdaya guna dengan membantu peningkatan kesejahteraan rakyat dan mengembangkan kearifan lokal, serta membangun Kommas yang berkarakter Bela Negara dan melalui Kader Warga yang terlatih dengan Sishankamrata dan Tri Matra Terpadu untuk menghadapi seluruh potensi ancaman. 


"Untuk optimalisasi hal ini, maka sinergikan peran Satkowil dengan Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam menyeimbangkan kepentingan pertahanan dan pembangunan kesejahteraan masyarakat guna mendukung pembangunan Nasional dan Kemanunggalan TNI - Rakyat," pungkasnya. 

Adapun Kommas yang hadir di acara, antara lain DPP Aceh Sepakat Sumut, DPW FKP Sumut, LMPP Sumut, Korwil Forum Kader Bela Negara Sumut, DPD Bina Kerjasama Antar Generasi Sumut, MPW Pemuda Pancasila Sumut, DPD Angkatan Muda Siliwangi Sumut, DPD KNPI Sumut, DPD Karang Taruna Sumut, DPD AMPI Sumut, DPD PBB, DPD PKN Sumut, PWI Sumut, PW Ikatan Sarjana NU, Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Sumut dan DPD BAPERA Sumut.

Sumber: Pendam I/BB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.