Tanggap Bencana, Babinsa Koramil 10/SR Bantu Atasi Luapan Banjir di Sei Rampah


MedanEkspress | Sei Rampah - Sejumlah Babinsa Koramil 10/Sei Rampah diturunkan untuk membantu pencegahan banjir akibat luapan sungai di Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (1/11/2022).

"Langkah pencegahan yang dilakukan di antaranya menutup sementara pintu air dengan menggunakan tanah yang di masukan ke dalam karung. Ini bertujuan agar air sungai tidak membanjiri pemukiman warga di Dusun I dan II, Desa Sei Rampah," terang Danramil 10/SR, Kapten Inf Sucipto saat meninjau ke lokasi. 

Danramil mengatakan, pelibatan Babinsa sebagai langkah tanggap bencana guna mengurangi dampak luapan banjir pada sungai di saat hujan deras. 


Kegiatan lain yang dilakukan Babinsa bersama instansi terkait lainnya adalah menyedot air dari pemukiman warga untuk dialirkan ke sungai. 

"Penyedotan yang menggunakan dua mesin pompa air ini untuk mengurangi debit air yang menggenang di pemukiman warga," jelas Kapten Sucipto.

Dalam kegiatan ini, Babinsa ikut membantu dan bergotongroyong dengan instansi terkait dari Polsek Firdaus, BPBD Sergai, Satpol PP Sergai, Dinas PU Sergai, Damkar Sergai, Dinas Sosial Sergai, perangkat kecamatan dan warga masyarakat setempat.


Selain dua pekerjaan di atas, Dinas PU Sergai juga terus mengecek sejumlah pintu air lainya, serta membuat laporan ke atas tentang rencana penutupan pintu air yang tidak begitu penting dan hanya membuka beberapa pintu air saja. 

Langkah ini dilakukan untuk mencegah air membanjiri pemukiman warga saat debit air sungai naik setelah hujan deras, serta membuka membuka pintu air saat debit air sungai surut, sehingga mengurangi genangan di pemukiman warga. 

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label