Bakamla RI Kunjungi BRIN Bahas Sistem Peringatan Dini


MedanEkspress | Jakarta - Direktorat Strategi Kamla melaksanakan kunjungan kerja ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Gedung B.J. Habibie, Jakarta, kemarin.

Kedatangan rombongan Bakamla yang dipimpin oleh Direktur Strategi Kamla Laksma Bakamla Priobudi Leksono disambut hangat oleh Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN Mego Pinandito diruang pertemuan Kantor BRIN.

Laksma Bakamla Priobudi Leksono menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya. Dikatakannya, selain untuk bersilahturahmi juga dapat diskusi bersama BRIN dalam mencari konsep-konsep strategis yang bermanfaat, untuk penguatan Bakamla dalam menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI.

Laksma Bakamla Priobudi Leksono membeberkan bahwa saat ini dalam menjamin keamanan dan kedaulatan laut dari pencemaran laut, tumpahan minyak, atau kerusakan ekosistem, illegal fishing, perompakan, sabotase, dan navigasi kapal asing, dibutuhkan sinergitas antar lembaga pemerintah. 

Oleh sebab itu, besar harapan Bakamla dapat melakukan riset bersama BRIN. ”Dan semoga BRIN bisa memberikan guidance, fasilitas riset, dan teknologinya kepada Bakamla melalui kerja sama”, ujar Laksma Bakamla Priobudi Leksono.


Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN Mego Pinandito mendukung penuh apa yang sudah direncanakan Bakamla dan skema kerja sama yang memungkinkan dapat dikerja samakan adalah bidang surveillance, drone, satelit, armada kapal riset, dan satu lagi dengan kajian masyarakat, karena ujungnya ini merupakan satu kesatuan dengan sistem pertahanan keamanan.

Turut serta menjelaskan Kepala Pusat Riset Pengindraan Jauh BRIN Rachmat Arief mengatakan bahwa teknologi pengindraan jauh satelit nasional 18, memiliki resolusi sangat tinggi, dan bisa dijadikan supporting tool dalam keamanan laut. Secara umum, layanan data dan informasi pengindraan jauh, dapat dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder.

Kegiatan berjalan dengan penuh keakraban dan saling mengisi dalam bertukar pikiran guna penyempurnaan rencana kerja sama ke depan. 

Sumber: Humas Bakamla RI 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.