Pangkoopsud I Buka Latihan Survival Tempur “Madhi Yudha” TA 2023


MedanEkspress | Jakarta
- Pangkoopsud I Marsekal Muda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc. yang bertindak selaku Irup, secara resmi membuka Latihan Survival Tempur "Madhi Yudha" Tahun Anggaran 2023 pada upacara pembukaan yang berlangsung di Lapangan Upacara Makoopsud I. (Senin, 13-03-2023). 

Latihan Survival Tempur “Madhi Yudha” TA 2023 akan berlangsung selama 3 hari, dimulai hari ini tanggal 13 hingga 15 Maret 2023 di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.  

Peserta Latihan berjumlah 64 orang didukung 120 orang tim pendukung, dari Koopsud I, juga didukung satuan di bawah Koopsud I yaitu dari Skadron Udara dan Wing di jajaran Lanud Halim Perdanakusuma, Lanud Suryadarma Kopasgat, Skadud 1, Skadud 6, Skadud 7, Skadud 8, Skadud 12, Skadud 31, Skadud 45 da Skadud 52 dengan melibatkan unsur satuan di jajaran Koopsud I yaitu penerbang dan crew Helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, Bogor.

Dalam sambutannya. Pangkoopsud I menjelaskan bahwa Latihan Survival Tempur Madhi Yudha bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan mekanisme kegiatan Latihan Survival Tempur, secara tepat dan berhasil dalam rangka menghadapi segala kemungkinan kondisi darurat yang diperkirakan akan terjadi oleh pesawat dan crewnya. 

Lebih lanjut Pangkoopsud I mengatakan Latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental awak pesawat di jajaran Koopsud I, guna terwujudnya kesiapsiagaan operasional awak pesawat dalam menjamin keberhasilan tugas Koopsud I.

"Oleh karena itu, Latihan Survival Tempur kali ini harus dibuat seoptimal mungkin, agar dapat memberikan bekal kepada pelaku, guna meningkatkan taktik dan teknik penyelamatan diri, serta kemampuan bertahan hidup di wilayah operasi yang memiliki tingkat kerawanan dan bahaya yang besar,” tambah Panglima. 

Dalam latihan ini peserta akan melaksanakan empat tahapan latihan yaitu tahap survival atau tahap survive, tahap evasion yaitu tahap untuk menghindari pengamatan/penangkapan musuh, tahap daya tahan tubuh dalam kondisi darurat atau tahap resistance dan tahap meloloskan diri dari daerah musuh atau disebut escape. “Empat tahapan dikenal dengan istilah SERE yaitu survive, evasion, resistance dan escape" jelas Alumni AAU ‘93 ini saat membuka latihan tempur Mandhi Yudha. 

Upacara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda latihan kepada perwakilan Kolat (Komando Latihan) dan Pelaku, dihadiri oleh Kaskoopsud I, Irkoopsud I, Danlanud Atang Sendjaja, para Asisten dan Pejabat Makoopsud I, serta para pelaku Latihan.  

"Selamat berlatih dan tunjukkan yang terbaik" tegas Pangkoopsud I kepada para peserta latihan.

Sumber: Penkoopsud I
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.