Sinergi dengan BI Kepri, Danlantamal IV Lepas KRI Pattimura-371 Distribusikan Uang Senilai Rp12M ke Wilayah 3T


MedanEkspress | Batam
- Merupakan wujud kontribusi nyata pada perekonomian nasional dan upaya menjaga kedaulatan NKRI, TNI Angkatan Laut melalui KRI Pattimura 371 unsur Koarmada I, bersinergi dengan Bank Indonesia dalam pendistribusian uang senilai 12 M layak edar ke wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil). 

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, S.Sos, M.Si melepas langsung keberangkatan pelayaran KRI Pattimura 371 bersama Bapak Suryono yang merupakan Kepala BI Kepulauan riau, yang juga dihadiri langsung oleh kepala daerah, legislatif, dan unsur pimpinan daerah lainnya pada Sabtu (4/3/2023) di Pelabuhan Umum Bintang 99 Batu Ampar, Kota Batam.

Dalam kegiatan tersebut Danlantamal IV mengatakan "Berbicara tentang perbatasan kita akan melihat dua dimensi seperti dua sisi mata uang antara kedaulatan dan kesejahteraan yang tidak terpisahkan. Jadi, TNI Angkatan Laut menjaga kedaulatan tidak ada gunanya jika di perbatasan itu tidak ada kesejahteraan. Karena,  kesejahteraan rakyat yang terganggu maka cepat atau lambat pasti akan mengancan kedaulatan. Karena itu, kegiatan ini juga sebagai simbol hadirnya negara di daerah perbatasan sehingga masyarkat tetap merasa menjadi bagian tidak terpisahkan dari NKRI." Ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, "Oleh karena itu TNI Angkatan Laut dalam hal ini membuka diri, kita tidak terbatas hanya bersinergi dengan Bank Indonesia saja melainkan institusi atau lembaga-lembaga lain seharusnya juga punya rasa  tanggung jawab bersama bahwa persoalan kedaulatan dan kesejahteraan di wilayah perbatasan itu adalah tugas kita bersama" tambah Danlantamal IV.

Dalam kegiatan ini Bank Indonesia didukung kekuatan armada TNI AL  yang mampu menjangkau seluruh pelosok tanah air, dan pada tahun ini operasi tersebut akan mengunjungi 5 (lima) pulau, yaitu Tarempa (Kab. Kep. Anambas), Midai dan Subi Besar (Kab. Natuna), Tambelan Besar (Kab. Bintan), serta Singkep (Kab. Lingga). 

Masyarakat di kelima pulau tersebut dapat langsung menukarkan uang lusuh yang dimiliki dengan uang layak edar, termasuk uang tahun emisi terbaru. Bank Indonesia juga menerapkan metode penukaran _wholesale_ kepada retailer, instansi pemerintah/swasta, dan perbankan untuk memperkuat kecukupan uang di wilayah tujuan. 

Kegiatan saling sinergi antara TNI AL dan Bank Indonesia sendiri sudah berjalan sejak 2011 dengan mengusung tema “Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023” dan periode tahun ini  ekspedisi dimulai sejak tanggal 4 sampai dengan 10 Maret 2023.

Sumber: Dispen Lantamal IV
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.