Belum Rampung, Warga Desa Sudah Rasakan Manfaat Pembangunan Jalan TMMD 116 Kodim Deliserdang


MedanEkspress | Sei Rampah
- Meski pembangunan jalan sepanjang 6.016x4,6 meter belum rampung dikerjakan, namun warga masyarakat dari sejumlah desa di Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, sudah merasakan manfaat pembangunan yang dilakukan Satgas TMMD ke-116 Kodim 0204/Deliserdang. 

Seperti pengakuan Hendro, warga Desa Suka Sari yang sehari-hari berprofesi sebagai petani sawit di lokasi pengerjaan pembangunan jalan di Desa Pergulaan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (16/5/2023).

"Wah senang kalilah melihat jalan di desa kami ini dibangun bapak-bapak tentara. Karena belasan tahun jalan ini menjadi urat nadi kami dalam mengangkut hasil kebun maupun bepergian menuju ke kota atau mengantar anak pergi ke sekolah," ucap pria 37 tahun itu dengan penuh semangat. 

Sambil ikut membantu menimbun dan meratakan permukaan badan jalan yang telah ditaburi material sirtu (pasir dan batu), ayah dua anak ini mengungkapkan harapannya di masa depan yang akan lebih cerah. 

Hendro pun memulai bercerita. Jalan ini merupakan jalur utama yang menghubungkan Desa Pergulaan dengan Desa Suka Sari, Desa Pegajahan dan Desa Melati di Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai. 

Selama belasan tahun, keberadaan jalan ini nyaris tak tersentuh pembangunan. Kalaupun ada perbaikan di sana-sini yang terlihat, itupun dilakukan warga secara swadaya. 

"Kalau dulu sangat sulit melalui jalan ini. Kalau kemarau, akan berdebu karena permukaan badan jalan yang tidak rata serta berlubang di banyak tempat. Lain lagi di musim hujan. Maka akan lebih susah lagi melewatinya. Selain banyak genangan air mirip kubangan kerbau, juga permukaan jalannya sangat licin, sehingga kalau tidak hati-hati, bisa celaka saat melaluinya," urai Hendro. 

Namun kesulitan yang menjadi momok di masa lalu itu, diyakini Hendro tidak akan ditemui lagi di masa depan yang tinggal hitungan hari. 

Meski pembangunan jalan tersebut masih jauh dari kata rampung, tapi Hendro sudah bisa membayangkan seperti apa nantinya saat melalui jalan yang punya banyak kenangan bagi dirinya itu. 

"Mudah-mudahan, setelah selesai dibangun bapak-bapak tentara, jalan ini bisa lebih ditingkatkan lagi kualitasnya oleh pemerintah daerah. Karena manfaatnya tidak saja buat kami, tetapi bisa juga menambah pendapatan bagi kas pemerintah daerah melalui pajak bumi dan bangunan," pungkas lelaki yang sempat mengecap bangku kuliah itu, namun putus di tengah jalan. 

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label