Capai 7 Target, Satgas TMMD 116 Kodim Deliserdang Gelar Sosialisasi Posyandu di Rambung Sialang


MedanEkspress | Sei Rampah
- Satu lagi sasaran non fisik kembali digelar Satgas TMMD ke-116 Kodim 0204/Deliserdang di Kantor Desa Rambung Sialang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. 

Kali ini, Jumat (19/5/2023), kegiatan non fisik yang dilaksanakan adalah sosialisasi pelayanan Posyandu. 

Kegiatan yang melibatkan Staf Dinas Kesehatan Pemkab Serdang Bedagai bersama UPT Puskesmas Rambung Sialang ini menyasar bayi, anak balita, ibu hamil, ibu melahirkan, ibu nifas, ibu menyusui dan pasangan usia subur yang ada di sekitar lokasi. 

Dari penjelasan singkat petugas dalam kegiatan ini diketahui bahwa Posyandu yang digelar ini memiliki tujuh tujuan utama. Yakni:
1. Program kesehatan ibu hamil.
2. Program kesehatan anak.
3. Keluarga Berencana (KB)
4. Imunisasi.
5. Pemantauan status gizi, dan 
6. Pencegahan dan penanggulangan diare.
7. Pencegahan Stunting 

Seluruh sasaran kegiatan dalam Posyandu ini diberikan melalui penyuluhan singkat kepada warga masyarakat yang menjadi peserta acara. 

Salah satu contohnya, seperti penyuluhan tentang peningkatan gizi balita yang dilakukan dengan memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, dan cara mencegah diare pada balita. 

Begitu juga dengan penyuluhan mengenai Stunting. Dalam kegiatan ini, peserta yang hadir diberikan konseling tentang kesehatan gizi yang tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan ibu balita agar terjadi perubahan perilaku yang lebih baik, sehingga balitanya tumbuh sehat dan normal, serta terhindar dari Stunting.

Dari tempat terpisah, Perwira Pengawas (Pawas) TMMD 116 Kodim 0204/Deliserdang, Kapten Inf Malik menjelaskan, output yang diharapkan dari sosialisasi penyuluhan Posyandu ini adalah semakin terbangunnya kesadaran warga desa untuk menerapkan pola hidup sehat dalam aktivitas hariannya. 

"Bila seluruh warga negara kita sehat, maka pertahanan negara akan semakin kuat, dan inilah salah satu tujuan dari capaian digelarnya penyuluhan kesehatan dalam kegiatan non fisik di lokasi TMMD," ungkap Kapten Malik.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label