Di Lokasi TMMD 116, Satgas Kodim Deliserdang Dapat Keluarga Baru


MedanEkspress | Sei Rampah
- Meski jauh dari keluarga dan kerabatnya, personil Satgas TMMD ke-116 Kodim 0204/Deliserdang tidak pernah merasa kesepian saat harus bekerja siang-malam membangun sarana fisik di Desa Pergulaan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. 

"Ya..berkat pembinaan teritorial yang biasa dilakukan personil dalam setiap kesempatan bersama masyarakat di sekitarnya, kini mereka pun tidak canggung untuk berbaur dan berinteraksi dengan warga di lokasi kegiatan TMMD," ucap Perwira Pengawas TMMD, Kapten Inf Yudhi Candra dari tempat terpisah, Selasa (23/5/2023).

Dijelaskan Kapten Yudhi, setiap Prajurit TNI dan Polri, seperti Babinsa di TNI AD, Babinpotmar di TNI AL, Babinpotdirga di TNI AU, maupun Bhabinkamtibmas di Polri, pasti pernah diajarkan bagaimana cara pelaksanaan tugas atau pembinaan teritorial (Binter) di wilayah sekitarnya. 

Dalam tugas Binter itu, Prajurit TNI memiliki fungsi sebagai perencana, penyusun, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi wilayah dengan segenap unsur geografi, demografi serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang guna kepentingan Hankam NKRI. 

Dengan berperan seperti itu, lanjut Kapten Yudhi, Prajurit TNI bisa memberikan pelatihan satuan perlawanan rakyat, memimpin perlawanan rakyat di pedesaan, memberikan penyuluhan kesadaran bela negara, memberikan penyuluhan pembangunan masyarakat desa di bidang Hankamneg, melakukan pengawasan fasilitas/prasarana Hankam di pedesaan/ kelurahan, serta memberikan laporan tentang kondisi sosial di pedesaan secara berkala. 

"Itulah makanya, setiap personil Satgas Kodim 0204/Deliserdang dalam kegiatan TMMD ini selalu berbaur dan mendekatkan diri dengan warga di sekitarnya. Selain untuk menjalankan fungsi dan tanggung jawab di atas, juga untuk menambah kedekatan dengan masyarakat, sehingga mereka pun akhirnya memiliki keluarga baru di lokasi pekerjaan TMMD ini," ungkap Kapten Yudhi. 

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.