Peran Penting TNI AL di Forum Hidrooseanografi Dunia


MedanEkspress | Monaco
- TNI AL yang diwakili oleh Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat  menghadiri pertemuan 3rd IHO Assembly yang berlangsung  di Grimaldium Forum of Monaco, Monaco, Jumat (05/05/2023). 

Kehadiran Komandan Pushidrosal selain sebagai Indonesia Chief Hydrographer, sekaligus sebagai Chair EAHC dan NIOHC yang juga mengawal kepentingan negara-negara anggota IHO regional East Asia dan North Indian Ocean. 

Pertemuan 3rd International Hydrograpic Organization Assembly secara resmi dibuka oleh Prince Albert II dari Monaco pada hari Selasa, 2 Mei 2023 dan berlangsung sampai 5 Mei 2023. 

Pertemuan tersebut dihadiri 400 partisipan delegasi dari 81 negara anggota IHO, yang menghadiri pertemuan tertinggi IHO tersebut untuk menegosiasikan dan mendiskusikan beberapa proposal dari IHO Council, termasuk roadmap S-100 dan capacity building. 

Pada kesempatan itu,  Prince Albert berkesempatan mengunjungi stand-stand pameran dari beberapa negara anggota dan industri hidrografi. Tidak kurang dari 50 stand pameran menampilkan teknologi terbaru untuk survei hidrografi dan produksi peta laut. 

Hidrografi penting tidak hanya untuk safety of navigation, namun juga membantu pencapaian SDG khususnya tujuan 14 terkait healthy oceans. Pertemuan ini merupakan yang pertama dilaksanakan dalam kurun waktu 6 tahun secara fisik. 

1st Assembly IHO yang pertama dilaksanakan tahun 2017 di Monaco, sedangkan 2nd Assembly IHO yang kedua dilaksanakan secara online pada tahun 2020. Puncak pertemuan 3rd Assembly IHO adalah pemilihan Sekjen IHO dan Direktur IHO untuk masa bakti 3 tahun ke depan.

Di tempat terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menekankan untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, jaga nama baik TNI AL dan Indonesia, serta pelihara hubungan dengan negara-negara sahabat, sehingga nama baik bangsa maupun TNI AL tetap harum di dunia internasional. 

Sumber: Dispenal
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.