Pangdam I/BB Lepas Keberangkatan Presiden Jokowi Menuju Afrika


MedanEkspress | Deliserdang - Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, MSi, ikut melepas keberangkatan Presiden Joko Widodo menuju Afrika, Minggu (20/8/2023).

Acara pelepasan Kepala Negara dari Bandara Kuala Namu Internasional Airport (KNIA) Kabupaten Deliserdang itu juga turut dihadiri Gubsu, Edy Rahmayadi, Kapoldasu, Irjen Pol Agung Serta Imam Effendi dan sejumlah pejabat terkait. 

Sebelum berangkat ke Afrika dengan rombongan terbatas, Presiden Jokowi melakukan konperensi pers di VVIP Room Bandara KNIA.
 

"Kami akan berangkat ke Afrika untuk berkunjung ke empat negara. Ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan," jelas Presiden.

Kunjungan ini diakui Jokowi merupakan yang pertama sejak dirinya menjadi Presiden RI. 

Apalagi, Indonesia dengan Afrika juga memiliki historis yang panjang, karena Indonesia merupakan penggagas Konperensi Asia-Afrika pada tahun 1955 di Bandung.
 

"Di samping itu, Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan gerakan non blok saat itu. Dan spirit Bandung inilah yang akan saya bawa untuk memperkokoh hubungan solidaritas dan kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara global south," jelas Jokowi.

Sedangkan Kenya dan Tanzania, lanjut Presiden, telah pun membuka kedutaan besar di Jakarta tahun lalu. Dan ini merupakan komitmen kedua negara tersebut untuk memperkuat hubungan kerja sama dengan Indonesia. 

Begitu juga dengan Mozambik. Menurut Presiden, Mozambik merupakan negara pertama di benua Afrika yang menjalin kerja sama Preferential Trade Agreement (PTA). 
 

Sedangkan tujuan ke Afrika Selatan,  Kepala Negara menjelaskan bahwa Indonesia diundang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan (KTT BRICS) ke-15 di Asana.

Turut serta dalam rombongan terbatas Presiden Jokowi ke Afrika, antara lain Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya. 

Sumber: Pendam I/BB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label