Ajarkan 4 Pilar Kebangsaan, Serda Elkana Jadi Gadik di SMA YP Simpang Tiga Pekan


MedanEkspress | Perbaungan - Babinsa menjadi tenaga pendidik (Gadik) di dalam kelas adalah hal yang sering ditemukan di era kekinian. 

Seperti yang dilakukan Serda Elkana, Babinsa Koramil 0204-07/Perbaungan ini di SMA Yayasan Pembangunan, Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin pagi (20/11/2023).

Di hadapan siswa di sekolah tersebut, Serka Elkana memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan, yakni yang menyangkut Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), yang kesemuanya terangkum sebagai Empat Pilar Bangsa Indonesia. 

Bak Gadik yang ulung, Serda Elkana pun mengulas satu persatu dari empat pilar Bangsa Indonesia itu kepada para siswa. 

"Memahami ke empat pilar ini adalah wujud nasionalisme dari setiap warga negara kepada bangsa dan tanah air Indonesia," ucapnya memulai materi pelajaran. 

Empat Pilar Kebangsaan Indonesia ini penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari setiap warga negara tanpa terkecuali. 

Ada beberapa tindakan sederhana yang dapat dijalankan dalam kehidupan sehari-hari untuk menerapkan empat pilar kebangsaan tersebut.
 

Yakni mendukung produk lokal, menghormati keberagaman suku, budaya dan agama, serta tidak menyebarkan Hoaks. 

Kemudian, peduli terhadap masalah sosial terutama di lingkungan sekitar, mematuhi aturan yang bagi siswa tentunya aturan di sekolah, serta selalu bersabar dalam menghadapi setiap masalah atau selalu mengendalikan amarah. 

"Empat Pilar Kebangsaan ini memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI, guna meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat," urainya. 

Dalam kegiatan serbuan teritorial Senin Kebangsaan ini, guru di SMA Yayasan Pembangunan juga turut menemani Serda Elkana dalam memberikan materi kepada siswa di dalam kelas. 

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.