Tempuh Jarak 200 Km, Pangdam I/BB Lepas Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya


MedanEkspress | Toba - Peleton Beranting (Tonting) Kodam I/BB yang membawa simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya resmi dilepas Pangdam, Mayjen TNI Mochammad Hasan diwakili Kasdam, Brigjen TNI Refrizal dari Lapangan Kantor Bupati Toba di Balige, Sabtu (16/12/2023).

"Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya Kodam I/BB ini akan berjalan kaki menempuh jarak 200 Km yang terbagi dalam 10 etape. Dimana setiap etape berjarak 20 Km yang diikuti oleh 10 peleton infanteri serta 10 peleton pengantar satuan TNI maupun non TNI secara bergantian setiap etape," jelas Brigjen Refrizal. 
 

Pelepasan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini merupakan tradisi korps menjelang peringatan Hari Juang Infanteri ke-75 TNI AD Tahun 2023 pada 19 Desember mendatang.  

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan jiwa korsa dan rasa bangga terhadap korps infanteri, sehingga meningkatkan profesionalisme prajurit infanteri. 
 

Di samping itu, lanjut Brigjen Refrizal, juga untuk mewujudkan nilai-nilai kejuangan, semangat pantang menyerah serta terciptanya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, khususnya di wilayah Kodam I/Bukit Barisan.

"Karena itu, Pangdam I/BB berharap kepada seluruh prajurit yang terlibat dalam Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini agar mengerti dan menghayati apa yang terkandung dalam semangat dan nilai kejuangan prajurit infanteri secara jernih, sehingga dapat dijadikan sebagai bekal dalam menghadapi tantangan dan tuntutan tugas di masa mendatang," pungkas Brigjen Refrizal. 
 

Untuk diketahui, Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya etape pertama ini dilengkapi dengan Dua Pucuk Senjata LE dengan Sangkur Terhunus, dua Buah Tabung berisikan Sumpah, Amanat, Ikrar Korps Infanteri, dan Perintah Kilat Panglima Besar Jenderal Soedirman (Alm), Satu Bendera Lambang Korps Infanteri, Satu Bendera Lambang Kodam I/BB, Satu Tas Berisikan Adminstrasi, Kelompok simbol satu regu, Peleton Inti, Kawal Depan, dan Kawal Belakang. 
 

Usai melepas Tonting etape pertama, Kasdam bersama Danrem, Bupati dan unsur Forkopimda Toba meninjau kegiatan bakti sosial sekaligus menyerahkan bantuan sembako kepada warga masyarakat sekitar Kota Balige.

Hadir dalam acara, di antaranya Danrem 023/KS, Asops dan Aslog Kasdam I/BB, Bupati Toba serta unsur Forkopimda, dan para sesepuh Prajurit Infanteri. 

Sumber: Pendam I/BB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.