Kasad Ajak Ribuan Anggota Pramuka Bersatu dengan Alam

Kasad mengangkat bendera Go Green sebagai tanda simbolis dibukanya Persami Pramuka SWK Terpusat Tingkat Nasional.
MedanEkspress | Jatinangor - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. mengajak 1.500 anggota pramuka untuk bersatu dengan alam.

Ajakan tersebut dilontarkan Kasad saat memimpin upacara pembukaan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Saka Wira Kartika Terpusat, bertempat di Bumi Perkemahan Cipayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Sabtu (3/2/2024). Sebagai informasi, Kasad sendiri merupakan Ketua Majelis Pembimbing (Ka Mabi) Saka Wira Kartika Tingkat Nasional.

Secara total, kegiatan yang mengangkat tema "Bersatu Dengan Alam, Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah" ini diikuti oleh 38.000 peserta. Sebab, selain digelar terpusat di Jatinangor, kegiatan ini juga diselenggarakan secara nasional di 38 Provinsi di seluruh Indonesia.
 
Kasad memberikan arahan kepada serta Persami Pramuka SWK Terpusat Tingkat Mabes TNI AD.
Pengangkatan bendera _Go Green_ oleh Kasad menjadi tanda simbolis dibukanya kegiatan ini secara resmi. Selain bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta, kegiatan ini juga menjadi cerminan kepedulian terhadap alam, dengan disiapkannya 7.320 bibit tanaman untuk ditanam di lahan seluas 5 hektar.

Kasad menegaskan bahwa Angkatan Darat akan terus mendukung program penanaman pohon dengan melibatkan Pramuka di seluruh Indonesia. 
 
Kasad memberikan bantuan bibit pohon kepada peserta Persami Pramuka SWK Terpusat Tingkat Mabes TNI AD.
"Pramuka adalah organisasi penting bagi pembekalan pemuda kita, tidak hanya dalam hal keterampilan, tetapi juga jiwa kesatria dan wawasan kebangsaan," ujarnya.

Kasad juga berkomitmen untuk terus mengevaluasi kegiatan Pramuka, khususnya Persami, guna meningkatkan efektivitas pembekalan yang diberikan kepada pesertanya. 
 
Kasad foto bersama peserta Persami Pramuka SWK Terpusat Tingkat Mabes TNI AD. 
Ia juga berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara kontinyu, agar para anggota pramuka bisa turut serta dalam program penanaman di seluruh Indonesia. 

Selain kegiatan penanaman pohon dan pembersihan lingkungan, kegiatan Saka Wira Kartika juga diisi dengan kegiatan perbaikan fasilitas umum dan sosial (Fasum-Fasos), serta kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan pembagian sembako.

Sumber: Dispenad
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label