PPAD Sumut Ajak Purnawira Pamen Kodam I/BB Terus Mengabdi kepada Bangsa dan Negara

Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan memimpin acara wisuda purna bakti Pamen Kodam I/BB yang digelar di Balai Prajurit Makodam Bukit Barisan Medan.
MedanEkspress | Medan - Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Sumatera Utara, Kolonel Purn Ganda Simanjuntak mengajak para Pamen (Perwira Menengah) jajaran Kodam I/Bukit Barisan yang telah purnawira untuk terus mengabdi kepada bangsa dan negara. 

"Pensiun hanyalah urusan administrasi. Karenanya para purnawirawan tidak boleh berhenti mengabdi kepada bangsa dan negara sebagaimana filosofi TNI. Yakni sebagai Tentara Pejuang, Tentara Rakyat, dan Tentara Profesional," ucap Ganda Simanjuntak mengutip kalimat almarhum Letjen TNI Purn Dr (HC) Doni Monardo, saat memberi sambutan acara wisuda purna bakti Pamen Kodam I/BB di Balai Prajurit Makodam Bukit Barisan, Senin (19/2/2024). 

Acara wisuda tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan, dengan dihadiri Kasdam I/BB, Brigjen TNI Refrizal, Kapoksahli Pangdam, Brigjen TNI David Hatigoran Hutagaol dan seluruh PJU Kodam I/BB lainnya. Sedangkan Ganda Simanjuntak hadir bersama Brigjen TNI Purn Dr Ahwan Ismadi dan Kolonel Purn Soehardjito HS.
 
Ketua PPAD Sumut, Kolonel Purn Ganda Simanjuntak memberi sambutan di acara wisuda purna bakti Pamen Kodam I/BB. 
Sebelum melanjutkan sambutannya, Ganda atas nama PPAD Sumut terlebih dulu mengucapkan selamat kepada lima Pamen Kodam I/BB yang melaksanakan wisuda purna bakti.
1. Kolonel Inf Purn Drs Joko Suparyanto, abituren Akmil 1988, jabatan terakhir Kababinminvetcaddam I/BB, dengan masa pengabdian 36 di TNI AD, dan 24 tahun di Kodam I/BB. 

2. Letkol Caj (K) (Har) Purn Suraya, abituren Secapa Reg 1998, jabatan terakhir Kasimin Babinminvetcaddam I/BB, dengan pengabdian 38 tahun di TNI AD, dan 25 tahun di Kodam I/BB. 

3. Letkol Cpl (Har) Purn Peransiskus Simbolon, abituren Secapa Reg 2000, jabatan terakhir Kabenglap I/4-1 Pekanbaru, Denpal I/4 Pekanbaru, Paldam I/BB, dengan pengabdian 33 tahun di TNI AD dan 33 tahun di Kodam I/BB.  
 
Pangdam I/BB memberikan piagam penghargaan kepada Pamen Kodam I/BB yang melaksanakan wisuda purna bakti.
4. Mayor Inf (Har) Purn Suwito, abituren Secapa Reg 2001, jabatan terakhir Danramil 0207-05/Serbelawan, Kodim 0207/Sml, Korem 022/PT, Kodam I/BB, dengan pengabdian 36 tahun di TNI AD dan 36 tahun di Kodam I/BB, dan 

5. Mayor Arh (Har) Purn Salamun, abituren Secapa Reg 2008, jabatan terakhir Kaurregring Kanminvetcad I/20 Medan, Babinminvetcaddam I/BB, dengan pengabdian 36 tahun di TNI AD dan 25 tahun di Kodam I/BB.
  
Pangdam I/BB bersama Ketua PPAD Sumut memberikan ucapan selamat kepada para Pamen Kodam I/BB yang melaksanakan wisuda purna bakti.
"Old soldier never die. They just fade away. Semasa aktif, ruang pengabdian utamanya pada bidang pertahanan dan keamanan. Namun setelah pensiun, maka ruang pengabdiannya menjadi lebih luas lagi, meliputi bidang ekonomi, sosial, politik dan bidang-bidang lainnya yang diharapkan akan memberikan manfaat lebih banyak kepada bangsa dan negara, termasuk menciptakan lapangan kerja," ungkap Ganda Simanjuntak.

Kepada kelimanya, abituren Akmil 1985 ini menitip pesan dari Jenderal TNI Widjojo Soedjono, bahwa Bhayangkari Negara Baru Berhenti Berjuang Jika Tidak Lagi Mampu Mendengar Tembakan Salvo di Samping Telinga.
 
Pemberian ucapan selamat kepada para Pamen Kodam I/BB yang melaksanakan wisuda purna bakti.
"Kalimat mendiang Jenderal Widjojo Soedjono ini sangat baik untuk inspirasi bagi kita para purnawirawan, bahwa pengabdian seorang Bhayangkari Negara tidak mengenal batas ruang dan waktu. Karenanya, mari kita bergandengan tangan di PPAD. Selain untuk menjalin silaturahmi, juga untuk meningkatkan kesejahteraan para purnawirawan, keluarganya dan anggota masyarakat di sekitar," ucap Ganda.

Di kesempatan yang sama, Ganda juga melaporkan kepada Pangdam I/BB selaku Pembina PPAD Sumut bahwa sejak dikukuhkan pada Juli 2022, PPAD Sumut telah melakukan sejumlah terobosan. Antara lain renovasi kantor secara swadaya, membentuk pengurus PPAD tingkat kabupaten dan kota dari sebelumnya 12 pengurus hingga kini menjadi 30 pengurus, melakukan sosialisasi tentang autentikasi digital bekerjasama dengan Asabri Kantor Medan, menjalin kerja sama dengan PT Inalum dalam pengelolaan lahan untuk pengembangan komoditas hortikultura buat menambah penghasilan purnawirawan, serta pengembangan IT untuk penyebarluasan kegiatan PPAD Sumut melalui berbagai platform media sosial, serta bidang sosial keagamaan lainnya. 

Apresiasi PPAD
 
Pangdam I/BB memberikan apresiasi kepada PPAD Sumut atas konsistensinya meningkatkan kesejahteraan para purnawirawan.
Sebelumnya, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan memberikan apresiasi kepada PPAD Sumut atas kontribusinya dalam pemberdayaan para purnawirawan TNI AD di jajaran Kodam I/BB. 

"Saya bangga bisa melepas para senior untuk mengakhiri masa dinasnya di TNI AD. Ada yang masa dinasnya 36 tahun dan sebagainya. Ini suatu prestasi luar biasa yang belum tentu bisa kita capai. Karenanya, tradisi purna bakti ini akan terus kita lakukan sebagai bentuk pembinaan dan mengeratkan tali silaturahmi," ucap Mayjen Hasan.

Pati bintang dua abituren Akmil 1989 itu berhadap, para Pamen yang hari ini menjalani wisuda purnawira, bisa segera bergabung ke PPAD. 
 
Foto bersama Pangdam I/BB dengan Ketua PPAD Sumut dan para pengurus serta para Pamen yang melaksanakan wisuda purna bakti.
"Di PPAD ini kita akan terpantau dan hubungan silaturahmi kita tetap terjaga dengan baik. PPAD ini dalam tanda kutip tidak ada masalah. Karenanya dalam setiap bulannya kita melepas perwira, kita selalu melibatkan PPAD. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini menjadi ladang ibadah, dan apa yang senior telah berikan, akan menjadi teladan kepada kami. Salam buat keluarga di rumah," ucap Mayjen Hasan. 

Sementara, perwakilan Pamen wisuda purnawira, Kolonel Inf Purn Drs Joko Suparyanto menyampaikan terima kasih kepada Pangdam I/BB serta PPAD Sumut. 
 
Ketua PPAD Sumut terus membangun silaturahmi dengan Pangdam I/BB di sela acara Wisuda Purna Bakti para Pamen Kodam I/BB.
"Ini sungguh suatu kehormatan yang besar kepada kami, dan kami berhadap tradisi seperti ini bisa terus dilanjutkan, dan mohon maaf bila selama kami berdinas, ada tutur kata maupun tindakan yang kurang pantas," ucapnya. 

Kegiatan diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Pangdam I/BB, penyerahan kartu tanda anggota PPAD secara simbolis, foto bersama dan ucapan selamat purna bakti dari seluruh PJU Kodam I/BB. 

Sumber: Humas PPAD Sumut 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label