Tanam Padi Serentak 3.000 Ha, Upaya Kodim 0314/Inhil Kembalikan Status Kabupaten Swasembada Beras

Tanam Padi Serentak 3.000 Ha, Upaya Kodim 0314/Inhil Kembalikan Status Kabupaten Swasembada Beras.
MedanEkspress | Inhil - Kodim 0314/Inhil melaksanakan gerakan tanam padi serentak seluas 3.000 Ha yang lahannya tersebar di sejumlah desa pada tiga kecamatan di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Sabtu (17/2/2024).

Gerakan tanam padi serentak ini bertujuan untuk mengembalikan status daerah swasembada beras yang sebelumnya pernah disandang Kabupaten Inhil.

Hal ini disampaikan Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, SH, MHan, di sela acara tanam padi serentak bersama Pj Bupati Inhil, H Herman, ST, MT, Kapolres Inhil, AKBP Budi Setiawan, SIK, MIK, dan pihak terkait lainnya yang dipusatkan di Desa Kuala Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka. 
 
Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati.
"Gerakan tanam padi serentak ini dilaksanakan secara tersebar di beberapa desa yang ada di Kecamatan Batang Tuaka, Kecamatan Kempas, dan Kecamatan Reteh," ucap Letkol Fikky Nur Kuncoro Jati. 

Abituren Akmil 2003 ini menguraikan, gerakan tanam padi di wilayah Inhil ini diinisiasi oleh masyarakat Desa Kuala Sebatu yang menginginkan lahan sawah yang terdampak banjir berkepanjangan bisa dimanfaatkan kembali. 

"Karena inisiasi tersebut, Kodim bersama Pemkab Inhil memelopori gerakan tanam serentak, sehingga tidak saja lahan pertanian menjadi lebih produktif, tetapi juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan produksi padi, termasuk mengembalikan status daerah swasembada beras yang pernah disandang Kabupaten Inhil," urai Letkol Fikky. 
 
Tanam Padi Serentak 3.000 Ha, Upaya Kodim 0314/Inhil Kembalikan Status Kabupaten Swasembada Beras.
Kepada warga masyarakat yang sudah dibukakan lahan pertanian, Letkol Fikky berhadap untuk menjaga agar tidak terjadi alih fungsi lahan.  

"Sudah kami bukakan lahan ini, tolong dimanfaatkan untuk bertanam dengan benar jangan ditinggal," pesannya.

Sementara itu, Pj Bupati Inhil, H Herman, ST, MT, menyampaikan apresiasi atas terobosan Kodim 0314/Inhil dalam optimalisasi lahan pertanian untuk mencapai swasembada beras di wilayah. 

H Herman pun berjanji Pemkab Inhil akan membantu memberikan bibit dan pupuk serta asuransi berupa dana kompensasi jika lahan padi masyarakat terjadi gagal panen. Selain itu Pemkab Inhil juga akan membatu pemasaran hasil pertanian masyarakat melalui beberapa program.
 
Tanam Padi Serentak 3.000 Ha, Upaya Kodim 0314/Inhil Kembalikan Status Kabupaten Swasembada Beras.
"Dengan kegiatan tanam padi serentak ini diharapkan dapat mempertahankan lahan persawahan masyarakat bahkan diperluas sehingga mampu mengembalikan kabupaten Inhil sebagai daerah Swasembada beras," pungkasnya.

Hadir di acara tersebut, antara lain Kepala Bulog Inhil, Ketua KTNA Inhil, sejumlah pimpinan OPD Pemkab Inhil, para Danramil, Kapolsek dan Camat, serta Kepala Desa dan Kelompok Tani. 

Sumber: Kodim 0314/Inhil 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label