Babinsa Koramil 0206-02/Sdk Dampingi Pembekalan Pengukuran Keasaman Tanah kepada Petani Jagung

Babinsa Koramil 0206-02/Sdk Dampingi Pembekalan Pengukuran Keasaman Tanah kepada Petani Jagung.
MedanEkspress | Sidiangkat, Dairi - Dalam upaya meningkatkan hasil panen jagung di wilayahnya, Kelurahan Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, menggelar sosialisasi penggunaan alat ukur pH tanah atau Soil Tester kepada para kelompok tani. 

Acara yang berlangsung di kantor Kelurahan Sidiangkat pada hari Selasa (21 Mei 2024) ini dihadiri oleh Lurah Sidiangkat Mawardy S.Tumanggor, S.AP, Babinkamtibmas Bripka WP.Simorangkir, S.H, perwakilan PT. Restu Agropro Jayamas Benih Jagung jenis Harimau R 32 Bapak A.Sibarani, kepala lingkungan se Lingkungan Sidiangkat, dan ketua kelompok tani se Kelurahan Sidiangkat.

Sertu Ibrahim Barus dari Koramil 0206-02/Sidikalang, Kodim 0206/Dairi, bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi ini. Ia menjelaskan kepada para petani tentang pentingnya menjaga kesuburan tanah dengan mengetahui tingkat keasaman tanah (pH) sebelum menanam jagung.
 
Babinsa Koramil 0206-02/Sdk Dampingi Pembekalan Pengukuran Keasaman Tanah kepada Petani Jagung.
"Penggunaan Soil Tester ini sangatlah mudah dan praktis," jelas Sertu Ibrahim. "Para petani dapat menggunakan alat ini untuk mengukur pH tanah di lahan mereka masing-masing. Hasil pengukuran ini kemudian dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan jenis pupuk dan dosis yang tepat untuk tanaman jagung."

Selain menjelaskan tentang penggunaan Soil Tester, Sertu Ibrahim juga memberikan materi tentang cara pengolahan lahan sebelum ditanam, cara pemupukan jagung, dan pola tanam jagung jajar legowo.

Para petani yang mengikuti sosialisasi ini nampak antusias dan menyambut baik informasi yang diberikan oleh Sertu Ibrahim. Mereka berharap dengan pengetahuan yang baru ini, mereka dapat meningkatkan hasil panen jagung mereka di masa depan.
 
Babinsa Koramil 0206-02/Sdk Dampingi Pembekalan Pengukuran Keasaman Tanah kepada Petani Jagung.
Lurah Sidiangkat, Mawardy S.Tumanggor, S.AP, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Koramil 02/Sidikalang atas terselenggaranya sosialisasi ini. Ia berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkala untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani di wilayahnya.

Sosialisasi penggunaan Soil Tester ini merupakan salah satu upaya pemerintah Kelurahan Sidiangkat untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di wilayahnya. 

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang baru ini, diharapkan para petani dapat meningkatkan hasil panen jagung mereka dan meningkatkan pendapatan mereka. 

Sumber: Kodim 0206/Dairi
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label