Babinsa Koramil 0206-02/Sidikalang Ikut Patroli Cegah Karhutla di Parbuluan V

Babinsa Koramil 0206-02/Sidikalang Ikut Patroli Cegah Karhutla di Parbuluan V.
MedanEkspress | Sidikalang - Dalam rangka mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya, Babinsa Koramil 0206-02/Sidikalang, Kodim 0206/Dairi, Serda R Sinaga ikut melaksanakan patroli terpadu di Dusun III, Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Jumat (3/5/2024).

Patroli cegah Karhutla ini dilakukan bersama Bhabinkamtibmas Polsek Parbuluan, Aipda Kesuma dan personil Manggala Agni, Alexsander Sihaloho dan Ebith Suranta 

Kegiatan patroli terpadu ini juga melibatkan Kadus (Kepala Dusun 3) Bapak N. Sagala. Dalam patroli ini, tim menyisir kawasan hutan di sekitar Dusun 3 Parbuluan 5 untuk mencari titik-titik sumber air yang dapat digunakan untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran.

Selain itu, tim juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat agar tidak membakar hutan dan lahan dengan sembarangan. Sosialisasi ini dilakukan dengan cara bertatap muka langsung dengan masyarakat dan membagikan brosur-brosur edukasi tentang bahaya karhutla.

Serda R. Sinaga, Babinsa Koramil 02/Sidikalang, mengatakan bahwa kegiatan patroli terpadu ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dini terjadinya karhutla di wilayahnya. 

"Kami harap dengan patroli dan sosialisasi ini, masyarakat semakin sadar akan bahaya karhutla dan tidak membakar hutan dan lahan dengan sembarangan," ujarnya.
 
Babinsa Koramil 0206-02/Sidikalang Ikut Patroli Cegah Karhutla di Parbuluan V.
Aipda Kesuma, Bhabinkamtibmas Polsek Parbuluan, menambahkan bahwa pihaknya akan terus bersinergi dengan Babinsa dan Manggala Agni untuk mencegah terjadinya karhutla di wilayahnya. 

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk segera melapor kepada aparat terkait jika melihat ada tanda-tanda kebakaran hutan atau lahan," imbuhnya.

Alexsander Sihaloho dari Manggala Agni (MA) menjelaskan bahwa pihaknya siap membantu memadamkan api jika terjadi kebakaran hutan dan lahan. 

"Kami memiliki peralatan dan personel yang siap diterjunkan untuk membantu memadamkan api," jelasnya.

Kegiatan patroli terpadu karhutla ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya karhutla dan membantu mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Dairi. 

Sumber: Kodim 0206/Dairi
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label