Korem 032/Wbr Turunkan PRCPB dan Cari 34 Orang Hilang Korban Bencana Galodo

Korem 032/Wbr Turunkan PRCPB dan Cari 34 Orang Hilang Korban Bencana Galodo.
MedanEkspress | Padang - Korem 032/Wirabraja, Kodam I/BB, menurunkan 190 Prajurit sebagai Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) untuk tanggap bencana Galodo (banjir bandang) di Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu, dapur lapangan juga segera didirikan di daerah Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, untuk melayani kebutuhan dasar lebih kurang 1.000 orang warga masyarakat di wilayah setempat.

Hal ini disampaikan Komandan Korem 032/Wbr, Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo, SIP, dalam keterangan persnya di Makorem Padang, Sumbar, Senin (13/5/2024).
 
Korem 032/Wbr Turunkan PRCPB dan Cari 34 Orang Hilang Korban Bencana Galodo.
"Langkah tanggap bencana ini digelar untuk mengatasi serta meringankan beban korban bencana Galodo yang melanda wilayah tiga kabupaten dan satu kota itu," ucapnya. 

Dari 190 Prajurit yang tergabung dalam PRCPB itu, sebanyak 90 orang di antaranya ditempatkan di wilayah Kodim 0304/Agam, dan 100 Prajurit lainnya di wilayah Kodim 0307/Tanah Datar. 

Selain itu, tim PRCPB yang diturunkan juga dibekali dengan perahu karet, tandu lapangan, chainsaw, tali temali, dan motor trail. 
 
Korem 032/Wbr Turunkan PRCPB dan Cari 34 Orang Hilang Korban Bencana Galodo.
"Sejumlah alat berat, seperti excavator, loader dan buldozer yang merupakan dukungan komando atas, juga dikerahkan membantu proses evakuasi di lokasi bencana," jelas Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo. 

Di sisi lain, Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo juga merincikan jumlah korban jiwa, yang selamat maupun yang dalam perawatan yang dilaporkan tim lapangan. 
 
Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo.
Hingga Senin pagi (13/5/2024) pukul 09.00 Wib, untuk wilayah Kabupaten Agam, terdata jumlah korban meninggal sebanyak 20 orang, hilang 22 orang, dirawat di rumah sakit 22 orang dan pengungsi 144 orang.

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang, korban meninggal sebanyak 17 orang, hilang 14 orang, dan dirawat di rumah sakit 12 orang. 
 
Korem 032/Wbr Turunkan PRCPB dan Cari 34 Orang Hilang Korban Bencana Galodo.
"Sebanyak 2.032 orang di Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang terkena dampak bencana, serta warga yang mengungsi ditampung di tujuh titik, dan sebagian lainnya memilih tinggal di rumah sanak saudaranya," urai Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo.

Di akhir penjelasannya, Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo menyatakan rasa belasungkawa mendalam atas bencana Galodo yang terjadi. 
 
Korem 032/Wbr Turunkan PRCPB dan Cari 34 Orang Hilang Korban Bencana Galodo.
"Kami akan terus melakukan upaya penanganan dan kita prioritaskan kepada pencarian 34 orang hilang, serta masyarakat yang butuh penanganan cepat yang terdampak langsung oleh bencana alam ini," tutupnya. 

Sumber: Redaksi MEC
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label