PPAD Sumut Ajak KBT Ikut Mendukung TNI AD Membangun Wilayah Pertahanan

Ketua PPAD Sumut, Kolonel Cba Purn Ganda Simanjuntak, SSos, memberikan materi dalam Komsos Kodam I/BB dengan KBT Semester I TA 2024 di Balai Prajurit Makodam Bukit Barisan.
MedanEkspress | Medan - Seluruh Keluarga Besar TNI (KBT) diharapkan ikut berpartisipasi aktif dalam mendukung tugas pokok TNI AD guna membangun wilayah pertahanan yang tangguh. 

Salah satu peran aktif KBT tersebut adalah terus menyosialisasikan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika kepada lingkungan di mana berada dan berkarya. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) Sumut, Kolonel Cba Purn Ganda Simanjuntak, SSos, saat tampil menjadi narasumber dalam Komsos Kodam I/BB dengan KBT Semester I TA 2024 yang digelar di Gedung Balai Prajurit Makodam Bukit Barisan, Jl Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (16/5/2024).
 
PPAD Sumut Ajak KBT Ikut Mendukung TNI AD Membangun Wilayah Pertahanan.
"Selain menyosialisasikan empat pilar kebangsaan tadi, peran aktif KBT juga bisa dengan turut menjaga wilayah pertahanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," ucap Kolonel Purn Ganda Simanjuntak. 

Kemudian, ikut membantu pemerintah dalam program reboisasi hutan atau lahan kritis, membantu korban bencana alam, serta memperbaiki lingkungan alam yang rusak.

"Dengan turut serta dan aktif dalam pembinaan geografi, demografi dan kondisi sosial tersebut, maka secara umum kita sebagai KBT telah ikut berpartisipasi aktif dalam mendukung tugas pokok TNI AD membangun wilayah pertahanan yang tangguh. Inilah yang kita harapkan bisa terwujud di wilayah ini," urai Ganda Simanjuntak.
 
Ketua PPAD Sumut, Kolonel Cba Purn Ganda Simanjuntak, SSos.
Melalui materi berjudul "Pentingnya Partisipasi Aktif KBT dalam Mendukung Tugas Pokok TNI AD dalam Membangun Wilayah Pertahanan yang Tangguh", Ganda Simanjuntak juga memberikan kalimat motivasi kepada unsur KBT yang hadir yang diharapkan menjadi pedoman perjuangan, seperti yang dipedomani oleh PPAD di seluruh wilayah Tanah Air. 

"Bhayangkari Negara Baru Berhenti Berjuang, Jika Tidak Lagi Mampu Mendengar Tembakan Salvo di Samping Telinganya" (Jenderal TNI Purn Widjojo Soedjono), dan "Sebagai Purnawirawan, Kita Harus Memakai Bahwa Pensiun Itu Hanya Urusan Administrasi. Kita Tidak Boleh Berhenti Mengabdi pada Negara, Sebagaimana Filosofi Angkatan Bersenjata; Kita Adalah Tentara Pejuang, Tentara Rakyat, dan Tentara Profesional (Letjen TNI Purn Dr (HC) Doni Monardo).
 
Silaturahmi dan Komsos Kodam I/BB dengan KBT Semester I TA 2024 di Balai Prajurit Makodam Bukit Barisan Medan.
Dalam kegiatan komsos ini, Ganda Simanjuntak didampingi Wakil Ketua II Badan Pertimbangan PPAD Sumut, Brigjen TNI Purn Gatot Eko Puruhito, SE, MM, anggota Badan Pertimbangan PPAD Sumut, Brigjen TNI Purn Dr Ahwan Ismadi, SPdI, SH, MH, LLM, Sekretaris PPAD Sumut, Kolonel Ctp Purn Drs Soehardjito HS, MSc, Bendahara PPAD Sumut, Kolonel Cku Purn M Siagian, anggota bidang ekonomi PPAD Sumut, Mayor Kav Purn Ramly Pasaribu, SH, dan Humas PPAD Sumut, Zullifkar Abubakar, ST. 

Sedangkan kegiatan komsos sendiri dibuka oleh Aster Kasdam I/BB, Kolonel Inf Andrian Siregar, SIP, MHan, diwakili Waaster Kasdam I/BB, Letkol Inf Martky Jaya Perangin-angin. 
 
Ketua PPAD Sumut turut menghadiri acara Silaturahmi dan Komsos Kodam I/BB dengan KBT Semester I TA 2024. 
Di mana dalam sambutan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan yang dibacakan Letkol Inf Martky Jaya Perangin-angin dijelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan mempererat silaturahmi antara Kodam I/BB dengan seluruh KBT, sehingga akan terwujud saling pengertian, kekeluargaan serta kesamaan visi dan misi dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat, khususnya di wilayah jajaran Kodam I/BB. 

"TNI sebagai induk organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan, sehingga diharapkan dapat menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karenanya, melalui forum silaturahmi ini, kita akan mewujudkan kesadaran Keluarga Besar TNI tentang pentingnya menjaga alam sebagai bagian dari pertahanan nasional, termasuk pemahaman akan dampak kerusakan lingkungan terhadap keamanan dan ketahanan wilayah," urai Pangdam dalam amanatnya. 
 
Ketua PPAD Sumut menerima cinderamata Pangdam I/BB dari Waaster Kasdam I/BB. 
Dalam acara yang dihadiri Ketua LVRI Sumut, Kolonel Purn Mardjono, Ketua Pepabri Sumut, Mayjen TNI Purn Felix Hutabarat diwakili Kolonel Purn Bachtiar Sonar Siregar, Ketua Piveri Sumut, Ketua Perip Sumut, Ketua PPM Sumut, Ketua KB FKPPI Sumut, Ketua GM FKPPI Sumut, Ketua Hipakad Sumut, dan Ketua Unit Korpri TNI itu.

Juga tampil menjadi narasumber lainnya dari lingkungan Kodam I/BB. Yakni Pabandya Komsos Sterdam I/BB, Letkol Inf Ibnu Haban, dengan materi berjudul; Wawasan Kebangsaan, serta Pabandya Bakti TNI Sterdam I/BB, Mayor Inf Noercholis dengan materi berjudul; Kodam I/BB dalam Rangka Sinergi Pembangunan Wilayah Pertahanan yang Berkelanjutan, Perlindungan Lingkungan dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal.
 
Foto bersama para Ketua KBT dengan Perwira Staf Kodam I/BB di acara Komsos Kodam I/BB dengan KBT Semester I TA 2024.
Acara yang diisi dengan penyerahan cinderamata Pangdam I/BB kepada Ketua PPAD Sumut, diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah. 

Sumber: Humas PPAD Sumut 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Wartawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label