Sinergi Babinsa Koramil 0206-04/TL dan Poktan Saroha Pantau Pertanian di Desa Sumbul Tengah

Sinergi Babinsa Koramil 0206-04/TL dan Poktan Saroha Pantau Pertanian di Desa Sumbul Tengah.
MedanEkspress | Tigalingga - Babinsa Koramil 0206-04/Tigalingga, Kodim 0206/Dairi, Serma Imanuel Ginting, bersama Ketua Poktan Saroha, Madala Purba, melakukan kegiatan pengecekan irigasi dan tanaman padi di lahan sawah seluas 7 hektar di Desa Sumbul Tengah, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, pada hari Rabu, 22 Mei 2024, pukul 09.00 hingga 10.00 WIB.

Kegiatan ini bertujuan untuk memantau perkembangan tanaman padi varietas Ciherang yang telah ditanam selama dua bulan dan untuk meninjau kondisi irigasi di area persawahan. 

Dalam kunjungannya, Serma Imanuel Ginting dan Bapak Madala Purba berdialog dengan anggota Poktan Saroha, Jesri Lumbangaol, untuk mendengarkan keluhan dan aspirasi mereka terkait dengan kondisi pertanian di Desa Sumbul Tengah.

Salah satu keluhan utama yang disampaikan Poktan Saroha adalah kerusakan irigasi sepanjang 300 meter akibat tergerus aliran Sungai Lae Renun. Kerusakan ini menyebabkan kekurangan debit air yang berakibat pada berkurangnya area sawah yang dapat ditanami padi.

Menanggapi keluhan tersebut, Serma Imanuel Ginting menyampaikan bahwa pihaknya akan segera melaporkan kondisi ini kepada komando atas untuk dicarikan solusi yang tepat. 

Ia juga mendorong Poktan Saroha untuk mengajukan proposal bantuan perbaikan irigasi dan alat mesin pertanian (alsintan) hand traktor (TR2) kepada pemerintah terkait.

Selain itu, Serma Imanuel Ginting juga menyampaikan bahwa pihaknya akan membantu Poktan Saroha untuk memperjuangkan peningkatan kapasitas jumlah pupuk bersubsidi dan bantuan bibit padi unggul untuk musim tanam selanjutnya yang diperkirakan akan dimulai pada bulan Oktober 2024.

Ketua Poktan Saroha, Bapak Madala Purba, mengapresiasi kepedulian dan perhatian Babinsa Koramil 0206-04/Tigalingga terhadap kondisi pertanian di Desa Sumbul Tengah. 

Ia berharap sinergi antara Babinsa dan Poktan Saroha dapat terus terjalin untuk memajukan sektor pertanian di desa tersebut.

Kegiatan pengecekan irigasi dan tanaman padi ini merupakan salah satu bentuk komitmen Babinsa Koramil 04/Tigalingga dalam mendukung program ketahanan pangan nasional. 

Dengan sinergi bersama Poktan Saroha, diharapkan sektor pertanian di Desa Sumbul Tengah dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif bagi kesejahteraan masyarakat. 

Sumber: Kodim 0206/Dairi
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label