KRI Frans Kaisiepo-368 Selamatkan Jiwa Nelayan Setelah Lima Hari Terombang Ambing di Laut Pangkal Balam


MedanEkspress | Pulau Bangka - KRI Frans Kaisiepo-368 (KRI FKO-368) yang tergabung dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2022 tengah melaksanakan pelayaran dari Jakarta menuju Batam bersama KRI Bung Tomo-357 (KRI TOM-357) dan KRI John Lie-358 (KRI JOL-358) berhasil melaksanakan evakuasi terhadap nelayan yang tenggelam di Perairan Timur Laut Pangkal Balam Pulau Bangka, Minggu, (31/7/2022).

Dalam pelayaran tersebut KRI FKO-368 melaksanakan serial-serial latihan dengan KRI TOM-357 dan KRI JOL-358 yang merupakan persiapan sebelum gelaran Latgabma SGS bersama dua Kapal Perang Amerika Serikat dan dua kapal perang Singapura. Pada saat melintas perairan Timur Laut Pangkal Balam, Pulau Bangka, Perwira Jaga secara visual mendapatkan orang terapung di atas sebidang stereofoam melambaikan tangan seolah meminta bantuan. Dengan sigap, Perwira Jaga melaporkan kepada Komandan dan melaksanakan Peran Orang Jatuh di Laut dengan manuver kapal dan menurunkan RHIB untuk melaksanakan pertolongan.

“Segera laksanakan evakuasi dan penanganan korban secara maksimal. Koordinasikan dengan KRI TOM-357 dan KRI JOL-358 untuk melaksanakan pencarian terhadap korban lainnya. Kita laporkan perkembangan kepada komando atas.” Instruksi Komandan KRI FKO-368, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh. Lebih lanjut Komandan KRI FKO menegaskan bahwa hal ini merupakan misi kemanusiaan yang harus menjadi prioritas dan ditangani secara tuntas. Dalam waktu singkat, keempat korban kapal tenggelam berhasil dievakuasi dalam kondisi baik.

“Saya berangkat dengan 3 rekan dari Pangkal Balam menuju Perairan Timur Kalimantan menggunakan perahu kayu berukuran 19 Meter untuk mencari ikan. Sehari kemudian kami terkena cuaca buruk yang mengakibatkan perahu mengalami keretakan hingga tenggelam. Lima hari kami terombang-ambing di laut sampai kemudian Alhamdulillah dapat ditemukan oleh kapal TNI Angkatan Laut," jelas Lasuharjo (29 Tahun), nelayan yang berhasil dievakuasi KRI FKO-368. Lelaki kelahiran Bau-Bau Sulawesi Tenggara ini sangat berterimakasih telah dapat diselamatkan dan sangat bergembira setelah mendengar ketiga rekannya juga telah berhasil diselamatkan oleh KRI TOM-357.

Keempat nelayan yang tenggelam berhasil diselamatkan, selanjutnya dilaksanakan pengobatan oleh tim kesehatan KRI. Selesai pemeriksaan kesehatan dilanjutkan evakuasi ke Lanal Batam untuk kemudian diserahkan kepada keluarga masing-masing. Pelaksanaan evakuasi tersebut merupakan implemetasi dari perintah Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono dan arahan Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI T.S.N.B. Hutabarat, bahwa TNI AL dimanapun berada harus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Sumber: Dispen Koarmada II
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.