Pangdam I/BB Dampingi Panglima TNI Lepas Satgas Yonif 125/Smb dan Satgas Yonif RK 115/ML Amankan Perbatasan RI-PNG


MedanEkspress | Belawan
- Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, MSi, turut mendampingi Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono saat memimpin upacara pengantaran Satgas Yonif 125/Si’mbisa dan Satgas Yonif RK 115/ML ke daerah Penugasan Pamtas RI-PNG Kewilayahan Kodam XVII/Cenderawasih, Provinsi Papua TA 2023 di Dermaga Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, Kamis (23/03/2023).

Satgas Yonif 125/Smb yang berasal dari Kodam I/BB, serta Satgas Yonif RK 115/ML dari Kodam IM itu berangkat menuju Papua dengan menggunakan KRI Teluk Bintuni-520.


Dalam amanatnya, Panglima TNI menegaskan, kepercayaan Bangsa dan Negara yang telah diberikan kepada Yonif 125/Smb dan Yonif RK 115 /ML merupakan kehormatan dan kebanggaan, karena pada hakikatnya seorang prajurit diciptakan atau dibentuk untuk melaksanakan tugas mulia.

“Oleh karenanya, saya berharap Satgas Yonif 125/Si'mbisa dan Yonif RK 115 /ML mampu mengemban tugas mulia dan menjaga kehormatan satuan, kehormatan TNI AD, sekaligus menjaga keutuhan serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.


Laksamana TNI Yudo Margono juga mengingatkan bahwa wilayah perbatasan merupakan daerah rawan, baik aksi kelompok bersenjata, pelanggaran lintas batas, penyelundupan maupun pergeseran patok.

Dikaitkan dengan perkembangan terakhir situasi keamanan di wilayah Papua, khususnya daerah perbatasan, masih sering terjadi aksi dari kelompok bersenjata yang mengganggu kenyamanan masyatakat juga kelompok kelompok yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Oleh karena itu, dibutuhkan kewaspadaan, kesiapsiagaan dan kesungguhan dari seluruh prajurit di perbatasan untuk dapat melaksanakan tugas pengamanan di wilayah perbatasan dengan baik.

“Ini bukanlah tugas yang ringan, namun akan menjadi ringan apabila kalian melaksanakannya dengan tulus, ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. Ingat! Kalian adalah Prajurit yang terpilih dan terlatih. Laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Tunjukkan jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional, dengan tetap sabar dan waspada, namun tegas dalam bertindak. Kedepankan sikap profesionalisme, jangan mudah terpancing oleh provokasi yang negatif, yang pada akhirnya akan merugikan satuan,” papar Laksamana Yudo Margono.


Acara dilanjutkan dengan tradisi penciuman bendera perang Yonif 125/SMB, dan Yonif RK 115/ML, tepung tawar dari seluruh unsur Forkopimda Sumut, serta persembahan tarian adat khas Karo “Erkata Bedil”.

Turut hadir di acara, Gubsu, Pangdam IM, Kapoldasu, Danlantamal I Belasan, Dankosek I Medan, Kabinda Sumut, Danlanud Soewondo, para PJU Kodam I/BB, Kepala Otoritas Pelabuhan Belawan, Kepala Syahbandar Pelabuhan Utama Belawan, GM Pelindo I Cabang Belawan, GM BICT, serta tamu undangan lainnya.

Sumber: Pendam I/BB
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.