Pusat Psikologi TNI Terjunkan Tim Psikososial untuk Bantu Penyintas Tragedi Plumpang


MedanEkspress | Jakarta
- Kebakaran yang terjadi pada tanggal 3 Maret 2023 sekitar pukul 19.30 WIB di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara menyebabkan banyak penyintas yang kehilangan tempat tinggal. 

Kejadian itu mengakibatkan, mereka sementara harus tinggal di tenda-tenda pengungsian dan posko yang disediakan oleh pemerintah. 

Selain itu, para penyintas mengalami duka mendalam akibat kehilangan orang-orang yang dicintai dan harta benda yang mereka miliki.

Sesuai petunjuk dan perintah Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bahwa TNI akan menerjunkan tim psikolog untuk membantu mengatasi trauma yang dialami oleh para penyintas. 

Pusat Psikologi TNI (Puspsi TNI) mengirimkan Tim Psikososial mendirikan POSKO LAYANAN PSIKOLOGI yang standby 24 jam di PMI Jakarta Utara dalam rangka membantu para penyintas yang berada di tenda-tenda pengungsian.


Tim psikososial dipimpin oleh Mayor Ckm (K) Devita, M.Psi., Psikolog, beserta tim bertugas melaksanakan trauma healing untuk membantu mereduksi beban psikologis yang dialami para penyintas agar mencapai kesejahteraan psikis yang lebih baik setelah mengalami trauma pasca bencana kebakaran.

Adapun Intervensi psikologis yang dilakukan bukan hanya pada anak-anak para korban kebakaran, melainkan juga diberikan kepada orang dewasa maupun para relawan dengan melakukan interaksi atau komunikasi sosial dan konseling secara individu maupun kelompok. Tim Psikososial rencana akan bertugas sampai dengan para Penyintas sudah mendapatkan tempat tinggal yang layak huni.

Sumber: Puspen TNI 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.