Bangkitkan Nasionalisme Warga Desa, Satgas TMMD 116 Kodim 0204/DS Gelar Sosialisasi Bela Negara


MedanEkspress | Sei Rampah
- Sosialisasi bela negara bertujuan untuk memupuk dan meningkatkan rasa nasionalisme, patriotisme, dan rasa cinta tanah air dalam diri setiap warga negara, sehingga warga negara siap untuk berkorban demi negara dan bangsanya.

Hal ini disampaikan Pasiter Kodim 0204/Deliserdang, Kapten Inf E Mendrofa saat menyampaikan materi sosialisasi Bela Negara kepada warga Desa Pergulaan, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin (15/5/2023).

Sosialisasi Bela Negara ini merupakan satu dari sejumlah kegiatan sasaran non fisik yang dilakukan Satgas TMMD ke-116 TA 2023 Kodim 0204/Deliserdang.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Kantor Desa Pergulaan tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Desa setempat, Ari Irawan. 

Dalam paparannya, Kapten Mendrofa menjelaskan, kegiatan bertujuan untuk membangun sikap dan perilaku serta karakter setiap warga Negara Indonesia yang cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara.

"Tak kalah pentingnya, sosialisasi ini juga untuk menyakinkan kepada setiap warga bahwa Pancasila sebagai ideologi negara, sehingga dengan meyakininya, tumbuh sikap rela berkorban untuk bangsa dan negara serta nantinya memiliki kemampuan awal Bela Negara yang baik," ungkap Kapten Mendrofa.

Dalam kesempatan tersebut, Kapten Mendrofa juga menjelaskan tentang unsur - unsur bela negara. Di antaranya, ada rasa cinta pada tanah air, ada yang mencintai dan ada yang dicintai, serta ada tujuan cinta tanah air.

Terakhir Kapten Mendrofa mengajak masyarakat Desa Pergulaan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Karena kalau kita sudah cinta tanah air, akan memberikan rasa aman dan damai, pembangunan negara dapat berjalan dengan lancar, pendapatan negara akan meningkat.

Hadir di acara, Kasi Pemerintahan Desa, Mohammad Jamil, para kepala dusun dan perangkat Desa Pergulaan, serta tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Sumber: Kodim 0204/DS
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label