Panglima TNI: Keamanan Laut Saat KTT ASEAN Harus Diperkuat


MedanEkspress | Manggarai Barat
- Salah satu escape bagi para delegasi, saat terjadi ancaman adalah dengan menggunakan KRI TNI AL sehingga untuk keamanan laut harus diperkuat, hal ini mengingat karena lokasi tempat pelaksanaan KTT di Hotel Meurorah, Labuan Bajo terdapat pulau-pulau kecil, dan ada kemungkinan ancaman yang bisa menggagalkan perhelatan ini.
 
Demikian disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., kepada para Dansatgas Komando Gabungan Terpadu Pengamanan Very Very Important Person (Kogabpadpam VVIP) saat menerima paparan kesiapan prajurit TNI pada pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, bertempat di Hotel Sylvia, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (5/5/2023).
 
Lebih lanjut disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bahwa untuk pengamanan di wilayah darat sudah dapat diantisipasi, saat ini sudah insert puluhan ribu prajurit TNI yang menjaga venue KTT ASEAN. “Dengan kondisi jalanan sempit tentunya mudah bagi puluhan ribu prajurit TNI untuk mengawasi venue. Namun yang masih rawan adalah di laut, saat ini masih ada waktu untuk lebih memperkuatnya sebelum pelaksanaan KTT dimulai”, jelas Laksamana TNI Yudo.
 
Dalam kesempatan tersebut, Laksamana TNI Yudo Margono mengingatkan kepada para Komandan Satgas untuk memperhatikan keadaan fisik dan psikis para prajurit yang melaksanakan tugas pengamanan di lapangan harus dengan kondisi prima.
 
“Besok kita cek satu persatu dan Tactical Floor Game (TFG) akan lebih rinci lagi, jadi malam ini kita cek global saja mungkin ada yang belum lengkap terpasang alat peralatannya ataupun mungkin masih ada prajurit yang belum mendapatkan tempat istirahat, pelajari semuanya. Prajurit harus betul-betul mendapatkan tempat istirahat yang baik dan layak, karena tugasnya berat dan tidak ringan dengan situasi panas ini mereka harus standby pengamanan”, tambah Panglima TNI.
 
Command Center Kogabpadpam VVIP ini merupakan pusat kendali operasi seluruh rangkaian pengamanan yang dilaksanakan oleh prajurit TNI, sesuai dengan tugas pokok operasi militer selain perang yaitu membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia. Melalui Command Center ini pun TNI terus melakukan peningkatan, pengecekan dan evaluasi terkait dengan kesiapan pengamanan KTT ASEAN Tahun 2023.
 
Hadir dalam kegiatan Panglima TNI di Command Center diantaranya Pangkogabwilhan II, Kabais TNI, Asops Panglima TNI, Asintel Panglima TNI, Pangdam IX/Udayana selaku Dansatgas Pamwil, serta Para Dansatgas lainnya. 

Sumber: Pendam IX/Udy
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.