Bumikan Pancasila di Kalangan Pelajar, Babinsa Koramil 0204-10/SR Beri Pembekalan Wasbang di Sekolah

Bumikan Pancasila di Kalangan Pelajar, Babinsa Koramil 0204-10/SR Beri Pembekalan Wasbang di Sekolah.
MedanEkspress | Sei Rampah - Pemahaman nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar yang semakin luntur saat ini, memicu keresahan banyak pihak. Salah satunya para Babinsa di jajaran Kodim 0204/Deli Serdang. 

Untuk itu, Babinsa Koramil 0204-10/Sei Rampah, Sertu Daswir pun rela meluangkan waktunya untuk secara khusus menjadi Gadik (Tenaga Pendidik) sementara di salah satu SMA di Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (13/5/2024).

Di hadapan para siswa, Sertu Daswir memberikan pembekalan materi Wasbang (Wawasan Kebangsaan). "Materi ini penting, karena berkaitan dengan jati diri kalian sebagai pelajar Indonesia yang merupakan generasi penerus masa depan bangsa," ucapnya.

Dijelaskan Sertu Daswir, salah satu materi Wasbang, yakni Pancasila, perlu disegarkan kembali di dalam hati sanubari para pelajar. Karena saat ini, nilai-nilai Pancasila semakin memudar, khususnya di kalangan para pelajar.

"Indikasi pudarnya nilai-nilai Pancasila itu bisa kita lihat dalam banyak hal. Seperti aksi tawuran antarpelajar yang kian marak dari hari ke hari, genk motor dan banyak lainnya," terang Sertu Daswir.
 
Bumikan Pancasila di Kalangan Pelajar, Babinsa Koramil 0204-10/SR Beri Pembekalan Wasbang di Sekolah.
Kondisi ini, dinilai Sertu Daswir tidak boleh dibiarkan. Karena akan melemahkan semangat bela negara dan jiwa patriotisme para pelajar terhadap Bangsa dan Negara Indonesia. 

Oleh karena itu, para pelajar diharapkan Sertu Daswir untuk menggali kembali nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam budaya dan kearifan lokal bangsa Indonesia.

"Jangan terbawa arus kemajuan zaman yang justeru melemahkan semangat kebangsaan kita sebagai orang Indonesia. Cintailah apa yang ada di sekitar kalian, baik itu budaya maupun cara hidup yang kesemuanya merupakan kearifan lokal yang diwariskan leluhur pendiri bangsa," pungkas Sertu Daswir.

Sumber: Kodim 0204/DS 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label