Pacu Kualitas Panen, Babinsa Koramil 0206-02/Sdk Bantu Petani Tomat Atasi Gulma

Pacu Kualitas Panen, Babinsa Koramil 0206-02/Sdk Bantu Petani Tomat Atasi Gulma.
MedanEkspress | Sidikalang - Serda R. Sinaga, Babinsa Koramil 0206-02/Sidikalang, Kodim 0206/Dairi, tak kenal lelah dalam membantu para petani di wilayah binaannya.

Seperti Senin (29/4/2024) pagi, misalnya. Serda Sinaga menyambangi kebun tomat milik Bapak Girsang di Dusun 2 Desa Bangun I, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi.

Kunjungan Serda Sinaga kali ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan membantu mengatasi gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman tomat di kebun Bapak Girsang. 

Gulma yang merajalela di sekitar tanaman tomat dapat menghambat penyerapan air dan nutrisi, serta menjadi sarang hama penyakit. 

Hal ini tentu dapat berakibat pada penurunan kualitas dan kuantitas panen.
Bersama Bapak Girsang, Serda Sinaga mencabuti gulma secara manual dengan penuh ketelatenan. 

Sambil bekerja, Serda Sinaga juga memberikan edukasi kepada Bapak Girsang tentang cara-cara efektif untuk mengendalikan gulma, seperti penggunaan pupuk organik dan mulsa.

“Menjaga kebersihan kebun dari gulma sangat penting untuk menghasilkan panen tomat yang berkualitas dan melimpah,” jelas Serda Sinaga.

“Penggunaan pupuk organik dan mulsa dapat membantu menekan pertumbuhan gulma, sekaligus menjaga kesuburan tanah.”

Bapak Girsang sangat mengapresiasi bantuan dan edukasi yang diberikan oleh Serda Sinaga. “Terima kasih banyak, Pak Babinsa, atas bantuannya dalam membersihkan gulma di kebun saya. Petunjuk dan saran Bapak sangat bermanfaat bagi saya,” ujar Bapak Girsang.

Selain membantu mengatasi gulma, Serda Sinaga juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan Bapak Girsang tentang berbagai hal terkait dengan budidaya tomat. 

Serda Sinaga juga memberikan informasi tentang program-program pemerintah yang dapat membantu para petani meningkatkan hasil panen dan pendapatannya.

Kegiatan Komsos (Komunikasi Sosial) yang dilakukan oleh Serda Sinaga merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen TNI dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani.

Dengan membantu para petani mengatasi berbagai kendala dalam budidaya tanaman, Serda Sinaga berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah binaannya.

Babinsa Koramil 0206-02/Sidikalang adalah Bintara Pembina Desa yang bertugas untuk membantu dan membimbing masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pertanian. 

Babinsa Koramil 0206-02/Sidikalang berkomitmen untuk membantu para petani meningkatkan hasil panen dan pendapatannya, serta mewujudkan ketahanan pangan di wilayah binaannya.

Sumber: Kodim 0206/Dairi
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: PT Ekspres Media Perkasa Pimpinan Umum: Lila Delima, Sos Pimpinan Redaksi: Zulfikar AB, ST Redaktur Pelaksana: Hapri Aulia IT/WEB MASTER: Saputra Watawan: Hazmi Adrian Imam Nugraha Ratu Valan Dewi Alamat Redaksi Jalan Bajak 2H Perumahan Citra Mas No 14,Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan. Email: zullifkarabubakar@gmail.com No Contac/WA 08126474609

Popular

Label